Gunung Tangkuban Perahu adalah sebuah Gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Gunung ini menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang begitu rame dikunjungi saat liburan baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing.
Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian 2.084 meter DPL (Dari Permukaan Laut) ini berada sekitar 20 KM ke arah utara Kota Bandung.
Dengan ketinggian seperti itu anda harus membawa baju hangat jika berwisata ke tempat ini karena udara disekitarnya cukup dingin, 17 derajat pada siang hari dan 2 derajat pada malam hari.
Di sekitaran gunung ini juga tumbuh subur pohon-pohon pinus dan perkebunan teh yang membuat pemandangan di sekitar gunung Tangkuban Perahu begitu indah.
Pohon Pinus di Sekitaran Gunung Tangkuban Perahu
Pohon Pinus di Sekitaran Gunung Tangkuban Perahu (Foto: wikimapia.org)
Gunung Tangkuban Perahu juga merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga kini, itu bisa terlihat dibeberapa kawahnya yang masih mengeluarkan gas belerang hingga saat ini.
Secara ilmiah bentuk gunung ini adalah Stratovolcano (Gunung Berapi Kerucut) dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat .

Komentar